Breaking News

Rabu, 27 Februari 2019

Mengulik Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Mengulik Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Jakarta,  Indonesia -- Lengkuas atau dalam bahasa Jawa disebut 'laos' biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. 

Cukup dimemarkan atau diiris tipis, lengkuas sudah mampu memberikan citarasa berbeda pada masakan, apalagi jika dipadukan dengan daun salam makanan pun jadi makin sedap. 

Tak cuma jadi bumbu masakan, lengkuas pun ternyata menyimpan beragam manfaat buat kesehatan. Dalam 10 gram lengkuas mengandung 149 kalori, 15 gram karbohidrat, 2 gram serat, 1 gram protein, 1 gram lemak total dan 4 gram vitamin C. 


Selain itu, lengkuas juga mengandung flavonoid dan mineral penting lain untuk tubuh. Oleh karena itu, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari konsumsi lengkuas.

1. Berpotensi lawan kanker

Kanker bisa dilawan dengan lengkuas. Ini bukan omong kosong belaka sebab sudah ada beberapa penelitian yang menyebut bahwa lengkuas merupakan bahan makanan yang menjanjikan untuk lawan kanker. 

Dilansir dari berbagai sumber, lengkuas disebut bisa melawan leukimia, melanoma, kanker pankreas, kanker kolon, kanker payudara, dan kanker hati. Pada kanker kolon, misalnya, sebuah studi pada 2014 menyebutkan lengkuas mampu mengakibatkan kematian sel (apoptosis) pada dua jenis sel kanker kolon. 

2. Antiinflamasi

Lengkuas memiliki komponen antiinflamasi atau antiperandangan. Umbi lengkuas pun bisa digunakan sebagai obat arthritis atau radang sendi termasuk reumatik. Di samping itu, lengkuas pun bermanfaat untuk meredakan inflamasi pada perut. 

3. Meningkatkan jumlah sperma

Bagi pria, lengkuas bisa meningkatkan kesuburan. Sebuah studi yang dipublikasikan di Iranian Journal of Reproductive Medicine, lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan kemampuan bergerak sperma. Secara umum, lengkuas mampu meningkatkan kesehatan sperma. 

Studi serupa pun terbit di jurnal PLOS pada 2014. Peneliti menyebut sperma aktif meningkat hingga tiga kali lipat saat partisipan mengonsumsi ekstrak delima dan lengkuas. 

4. Lawan tanda penuaan dini

Siapa sangka, lengkuas pun punya banyak manfaat buat kulit termasuk melawan kemunculan tanda penuaan dini. Lengkuas punya 40 jenis komponen antioksidan yang siap lawan kerut dan garis halus di wajah. 

Sebagai obat topikal (oles), lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kulit yang terbakar. Cukup dengan cara dihaluskan, aplikasikan pasta lengkuas pada kulit yang terbakar atau terkena benda panas. 

5. Mendukung kesehatan otak

Karena memiliki komponen antiinflamasi, lengkuas pun punya potensi untuk melindungi kesehatan otak. Lengkuas dapat mengurangi risiko degenerasi kognitif serta membantu melawan depresi. 

6. Mengatasi masalah pencernaan

Rasa tidak nyaman pada perut bisa diredakan dengan konsumsi lengkuas. Beberapa masalah pencernaan pun bisa diatasi dengan lengkuas seperti, diare, mual dan cegukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By 12 SHIO